Detail Cantuman Kembali
YULIANTI - Personal Name

PENGARUH RETURN SAHAM, ORDER IMBALANCE, FREKUENSI PERDAGANGAN, DAN VOLUME PERDAGANGAN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 – 2016)

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel return saham, order imbalance, frekuensi perdagangan, dan volume perdagangan serta trade size sebagai variabel kontrol terhadap volatilitas harga saham. Penelitian ini merupakan explanatory research. Menurut dimensi waktunya, penelitian ini adalah penelitian pooled data. Populasi penelitian meliputi seluruh perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2016. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria
selama periode peneltian perusahaan secara rutin mencantumkan return saham, frekuensi perdagangan, volume perdagangan, high price, low price, dan value. Serta perusahaan yang aktif diperdagangkan. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda dengan level of significant sebesar 0,05 atau 5% dan hipotesis diuji dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23.0 for windows. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel return saham berpengaruh signifikan dan mempunyai arah positif sebesar 0,001 terhadap volatilitas harga saham, variabel order imbalance berpengaruh signifikan dan mempunyai arah positif sebesar 0,000, dan variabel frekuensi perdagangan berpengaruh signifikan dan mempunyai arah negatif sebesar 0,015 terhadap volatilitas harga saham,variabel volume perdagangan berpengaruh signifikan dan mempunyai arah positif sebesar 0,003 terhadap volatilitas harga saham. Selain itu, didapatkan bahwa frekuensi perdagangan dengan trade size sebagai variabel kontrol menunjukkan adanya pengaruh sebesar 13,8% dan volume perdagangan sebesar 12,5%. Sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa frekuensi perdagangan mempunyai pengaruh yang lebih dominan dibanding volume perdagangan terhadap volatilitas harga saham. Sehingga investor menggunakan kedua faktor tersebut sebagai bahan pertimbangan dan mengambil langkah yang tepat sebelum melakukan investasi.
Kata Kunci : Return Saham, Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, Order Imbalance, Trade Size, Volatilitas Harga Saham.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH RETURN SAHAM, ORDER IMBALANCE, FREKUENSI PERDAGANGAN, DAN VOLUME PERDAGANGAN TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 – 2016)
Pengarang YULIANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Return Saham, Frekuensi Perdagangan,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua