Analisis Positioning Usaha Beras Ud Dewi Sri Berdasarkan Persepsi Konsumen Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scalling (Mds) Studi Kasus: Ud Dewi Sri, Tenggarong Seberang
UD Dewi Sri adalah perusahaan manufaktur, yang bergerak dalam bidang pengolahan bahan baku berupa gabah, yang masuk ke dalam proses produksi menjadi produk jadi yang siap untuk dijual yaitu beras dengan merk 3 PUTRI KALTIM. Perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan harus mengerti keinginan dari konsumen, hal itu menuntut perusahaan untuk melakukan positioning untuk mengetahui seperti apa keberadaan perusahaannya saat ini dengan mengetahui kondisi persaingannya dengan perusahaan sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor yang menjadi prioritas konsumen dalam pembelian beras dan menentukan posisi usaha beras UD Dewi Sri berdasarkan persepsi konsumen menggunakan metode Multidimensional Scalling (MDS). Dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang berada di Tenggarong Seberang yang berisi pernyataan tentang positioning UD Dewi Sri jika dibandingkan dengan ketiga pesaingnya yaitu UD X, UD Y, dan UD Z.
Berdasarkan perhitungan jumlah sampel responden untuk pengisian kuesioner pada responden yang pernah membeli beras pada keempat perusahaan tersebut, diperoleh 80 responden yang diisi oleh 67 wanita dan 13 laki-laki. Berdasarkan hasil kuesioner, dengan uji validitas terhadap variabel faktor diperoleh rata-rata nilai 0,525 yang berarti valid dan hasil uji realibilitas yaitu
0,690 yang artinya reliabel tersebut mempengaruhi terhadap positioning UD Dewi Sri. Berdasarkan persepsi konsumen bahwa faktor-faktor yang menjadi prioritas konsumen dalam membeli beras pada usaha beras adalah kualitas beras, kemasan beras, jaminan beras, harga, lokasi dan pelayanan pembelian. Untuk positioning UD Dewi Sri dari segi kualitas beras dan lokasi, pesaing terdekatnya yaitu UD Y. Dari segi kemasan dan jaminan beras, pesaing terdekatnya yaitu UD X. Dari segi harga dan pelayanan pembelian, pesaing terdekatnya yaitu UD Z.
Persepsi Konsumen, Uji Validitas, Uji Realibitas, Positioning, Multidimensional Scalling (MDS)
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Positioning Usaha Beras Ud Dewi Sri Berdasarkan Persepsi Konsumen Dengan Menggunakan Metode Multidimensional Scalling (Mds) Studi Kasus: Ud Dewi Sri, Tenggarong Seberang |
---|---|
Pengarang | RIZKY PUSPA SARI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Persepsi Konsumen, Uji Validitas, Uji Realibitas, Positioning, Multidimensional Scall |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY