Detail Cantuman Kembali
SITI HARDIYANTI - Personal Name

PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGANYAM DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS KARTON TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RIMBA 2 SAMARINDA

ABSTRAK
Siti Hardiyanti 2016, Penerapan Pembelajaran Menganyam Dengan Menggunakan Kertas Karton Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 TahunDi Taman Kanak- Kanak Tunas Rimba 2 Samarinda 2016, Pembimbing 1 Dr.Hasbi Sjamsir, M.Hum danPembimbing II Farny Sutriany Jafar, S.ST , M.Pd.
Kata Kunci : Penerapkan Pembelajaran Menganyam dengan menggunakan kertas karton.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mendesain atau merancang pembelajaran menganyam dengan menggunakan kertas karton pada anak usia 5-6 tahundi TK Tunas Rimba 2 Samarinda. Untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaranmenganyam dengan menggunakan kertas karton pada anak usia 5-6 tahun di TK TunasRimba 2 Samarinda. Untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahundi TK Tunas Rimba 2 Samarinda.
Metode penelitian yang peneliti gunakan ialah deskritif kualitatif.Adapun sumber datadalam penelitian ini berjumlah 2 orang yaitu kepala sekolah sebagai data utama danguru kelas sebagai sumber data pendukung.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancarasebagai teknik utama.sebagai pendukung menggunakan teknik observasi dan ditambahdokumentasi foto. Teknik analisis data melalui proses menganalisis dari transkripsihasil pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikankesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Guru mempersiapkan bahan dan alatyang dibutuhkan dalam kegiatan menganyam, guru mengerjakan motif menganyamsederhana dengan media kertas karton. Guru menggunakan metode demonstrasi ataumemperlihatkan contoh mengerjakan tugas terlebih dahulu kepada anak lalu anakmengikuti. Kemampuan motorik halus anak di kelas B2 sudah sangat baik,menganyamnya sudah cukup rapi dan sesuai harapan.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukanpenerapan pembelajaran menganyam dengan menggunakan kertas karton terhadapkemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Rimba 2 Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGANYAM DENGAN MENGGUNAKAN KERTAS KARTON TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS RIMBA 2 SAMARINDA
Pengarang SITI HARDIYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua