PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) SISWAKELAS IV SDN 007 GUNTUNG BONTANG UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Nurung. 2016. Peningkatan Aktivitasdan Hasil Belajar IPS Melalaui Pemebelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas IV SDN 007 Guntung Bontang Utara Tahun Pembelajaran 2015/2016.Dibawah Bimbingan BapakDrs. H. Sunarno, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Dra. Sudilah MW, M.Pd sebagai pembimbing II
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, IPS, Model NHTSD Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 007 GuntungBontang Utara yang masih di bawah KKM, diharapkan melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa tentang kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam melalui model pembelajaran KooperatifTipe Numbered Heads Together (NHT) pada kelas IV SDN 007 GuntungBontang Utaratahunpembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuanuntuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa tentang kegiatan ekonomidalam memanfaatkan sumber daya alam melalui model pembelajaran Kooperatif tipeNumbered Heads Together (NHT) pada kelas IV SDN 007 GuntungBontang Utaratahunpembelajaran 2015/2015.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi nilai tugas dan tes akhir siklus.Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahapan permasalahan, perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan siklus II masing-masingdilaksanakan dua kali pertemuan, kemudian untuk mengetahui hasil belajar pada setiap siklusdilakukan tes pada akhir pertemuan.
Dari hasil analisa dan data menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS siswa tentangkegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan modelpembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together(NHT) di Kelas IV SDN 007GuntungBontang Utaramengalamai peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitassiswa menunjukkan peningkatan yang baik, karena modus dari skor aktivitas siswa bernilai 3.Sedangkan pda siklus II aktivitas belajar siswa baik sekali dengan modus skor aktivitas siswabernilai 4. Begitu juga dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai dasar58,44 dengan kriteria kurang menjadi 68,44 berkriteria cukup pada siklus I dengan jumlahpersentase peningkatan 17,11%. Sementara peningkatan hasil belajar pada siklus II dari 68,44kriteria cukup menjadi 81,56 berkriteria baik dengan jumlah persentase peningkatan sebesar19,17%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modelpembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran IPS.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) SISWAKELAS IV SDN 007 GUNTUNG BONTANG UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | Nurung. - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY