PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIATENTANG KEMAMPUAN BERBICARAMELALUI METODEROLE PLAYINGPADA SISWA KELAS V SD IT YABIS BONTANGTAHUNPEMBELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK
Nurul Istiqomah, 2016 Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang Kemampuan Berbicara melalui Metode Role Playing pada siswa kelas V SD IT Yabis Bontang Tahun Pembelajaran 2015/2016. Dengan Pembimbing I Dr.H.Yudo Dwiyono,M.Si, dan Pembimbing II Bapak Drs. Dahri Taggi, M.Pd.
Kata kunci : hasil belajar Bahasa Indonesia, berbicara, Metode Role Playing.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD IT YABIS Bontang, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswameningkat melalui metode demonstrasi. Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang KemampuanBerbicara melalui metode Role Playing siswa kelas V SD IT YABIS Bontang dantujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar BahsaIndonesia tentang Kemampuan Berbicara melalui metode Role Playing pada siswakelas V SD IT YABIS Bontang tahun pembelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, prosedur yang digunakanadalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2siklus dua kali pertemuan. Permasalahan yang terdapat disiklus I ditindak lanjuti padasiklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD IT YABIS Bontangdan objek penelitian adalah Role Playingi.
Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa Hasil Belajar dalam belajarBahasa Indonesia tentang Kemampuan Berbicara melalui metode Role Playing padasiswa kelas V SD IT YABIS Bontang tahun pembelajaran 2015/2016 telahmeningkat. Peningkatan tersebut terbukti dari data aktivitas siswa pada siklus Idengan rata-rata 2,51 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 3,50. Dan hasilbelajar IPA tentang gaya magnet dengan metode demonstrasi di kelas V SD ITYABIS Bontang mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I dan siklus IIpeningkatan hasil belajar siswa yaitu dari rata-rata nilai prasiklus 68,75 dengankriteria kurang meningkat pada siklus I menjadi 75 dengan kriteria cukup dan jumlahpeningkatan sebesar 9,09%. Sementara peningkatan hasil belajar pada siklus IIadalah dari 75 dengan kriteria cukup menjadi 82,81 dengan criteria baik denganpeningkatan 10,43%.
Berdasarkan data di atas, disarankan kepada guru agar menerapkan metodeRole Playing pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia agar lebih efektif danmemberikan hasil yang optimal dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIATENTANG KEMAMPUAN BERBICARAMELALUI METODEROLE PLAYINGPADA SISWA KELAS V SD IT YABIS BONTANGTAHUNPEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | Nurul Istiqomah - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY