Detail Cantuman Kembali
NURBAYAH - Personal Name

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.) DAN JAHE MERAH (Zingiber officianale var. amarum) TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA PADA TANAMAN SAWI (Brassica rapa L. var tosakan)

ABSTRAK
Nurbayah. 2016. Pengaruh Kombinasi Ekstrak Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.) dan Jahe Merah (Zingiber officianale Var. Amarum) trhadap Intensitas Serangan Hama Pada Tanaman Sawi (Brassica rapa L. var. tosakan). Dibawah bimbingan Dr. Sonja V. T Lumowa, M. Kes selaku Pembimbing I dan Sri Purwati, S. Pd, M.Si. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi ektrak buah cabe jawa (Piper retrofractum Vahl.) dan jahe merah (Zingiber officinale var. amarum) terhadap intensitas serangan serangga hamapada tanaman sawi (Brassica rapa L. var. tosakan). Penelitian ini dilaksanakanselama lima bulan. Penelitian lapangan dilaksanakan di lahan pertanian yangterletak di Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) denganempat perlakuan (termasuk kontrol) yang diulang sebanyak enam kali. Masingmasingperlakuan yaitu aplikasi ekstrak cabe jawa, ekstrak jahe merah, dankombinasi kedua ekstrak tersebut dengan konsentrasi 50% dan kontrol (tanpaperlakuan). Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of Variance(ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji BNT 1%.
Hasil analisis data memberikan hasil Fhitung yang masing-masing sebesar(6,33, 7,50, dan 16,00) > Ftabel taraf signifikan 1% (5,42) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, pemberian kombinasi ekstrak cabe Jawa dan jahe merahmemberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap intensitas serangan seranggahama pada tanaman sawi hijau. Dari hasil uji lanjutan BNT 1% diperoleh hasilbahwa terdapat perbedaan nyata dari tanaman tanpa ekstrak jika dibandingkandengan tanaman sawi yang diberikan kombinasi ekstrak cabe Jawa dan jahe merah.
Kata kunci : kombinasi ekstrak cabe jawa dan jahe merah, serangga hama.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK CABE JAWA (Piper retrofractum Vahl.) DAN JAHE MERAH (Zingiber officianale var. amarum) TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA PADA TANAMAN SAWI (Brassica rapa L. var tosakan)
Pengarang NURBAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua