Detail Cantuman Kembali
NUR FADILAH - Personal Name

PENGARUH LAMA PEMBEKUAN IKAN TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN PADA IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis Cantor)

ABSTRAK
Nur Fadilah, 2016. Pengaruh Lama Pembekuan Ikan Terhadap Kandungan Protein pada Ikan Tongkol (Euthynnus affinis C.). Dibawah bimbingan Drs. H. Jailani, M.Si selaku pembimbing I dan Sri Purwati, S.Pd. M.Si selaku pembimbing II.
Ikan merupakan sumber protein hewani yang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Kandungan protein pada ikan sangat tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh manusia dibandingkan protein hewan lainnya. Protein sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh manusia, sehingga pemenuhan protein menjadi sangat penting. Menjaga kesegaran ikan menjadi syarat mutlak agar kandungan gizi ikan juga tetap terjaga.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lama pembekuan ikan terhadap kandungan protein pada ikan tongkol (Euthynnus affinis C.)dengan 4 perlakuan yang terdiri dari P0 yaitu ikan segar tanpa pembekuansetelah pembelian dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Samarinda , P1 yaitu ikansegar dengan pembekuan selama 3 hari , P2 yaitu ikan segar dengan
pembekuan selama 5 hari, dan P3 yaitu ikan segar dengan pembekuan selama7 hari dalam freezer. Setiap perlakuan diulang 6 kali.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakanselama 7 hari, dibulan September 2016 di Laboratorium Biokimia FakultasMatematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, kotaSamarinda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh lama pembekuan padaikan tongkol terhadap kandungan protein, meski tidak signifkan.
Kata Kunci : protein, pembekuan, ikan tongkol (Euthynnus affinis C.)


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LAMA PEMBEKUAN IKAN TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN PADA IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis Cantor)
Pengarang NUR FADILAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua