Detail Cantuman Kembali
MARLINA ABDUL MUIS - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS V SD ISLAM YPL BONTANG

ABSTRAK
MARLINA ABDUL MUIS, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya Dengan Menggunakan Media Benda Konkrit Pada Siswa Kelas V SD Islam YPL Bontang. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Asyril, M.Si sebagai Pembimbing I dan Iksam,S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Kata Kunci: Media Benda Konkrit,Pembelajaran IPA,Hasil Belajar
Latar belakang Penelitian adalah rendahnya hasil beljar memahami tentang gaya pada siswa kelas V SD Islam YPL Bontang yang masih dibawah KKM,diharapkan melalui media pembelajaran Benda Konkrit hasil belajar siswa dapatmeningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan hasilbelajar IPA pada konsep gaya dengan menggunakan media benda konkrit pada siswakelas V SD Islam YPL Bontang tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatanhasil belajar IPA tentang gaya dengan menggunakan media benda konkrit pada kelasV di SD Islam YPL Bontang Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Pengumpulan daa dilakukan melalui observasi,dokumentasi nilai tugas dan tesakhir siklus. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan tahapan permasalahan,perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi,dan refleksi. Prasiklus
ingin mengetahui pengetahuan siswa tentang gaya,Siklus I,II, dan Siklus III masingmasing dilaksanakan dua kali pertemuan,kemudian untuk mengetahui hasil belajarpada setiap siklus dilakukan tes pada akhir pertemuan.
Dari hasil analisa dan data menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajartentang konsep gaya di kelas V SD Islam YPL Bontang mengalami peningkatan padasetiap siklusnya. Pada Pra siklus soal tes nilai rata-rata 53,85. MelaksanakanPraktikum IPA dan tes akhir siswa bernilai rata-rata 55,69, meningkat pada siklus IImenjadi rata-rata 76,54 dan pada Siklus III meningkat menjadi 84,36. Berdasarkandata nilai persentase ketuntasan dari Pra Siklus 27%, Siklus I 42%,Siklus II 77%,Siklus III 96%, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media benda konkritdapat meningkatkan hasil belajar tentang gaya dan hasil belajar siswa khususnyadalam mata pelajaran IPA.
Sesuai dari hasil penelitian diatas disarankan kepada pengajar untukmenggunakan media benda konkrit dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS V SD ISLAM YPL BONTANG
Pengarang MARLINA ABDUL MUIS - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua