Detail Cantuman Kembali
FINDA RAHMADANIATI - Personal Name

ANALISIS WACANA FEATURE DI MEDIA ONLINE KALTIM POST EDISI MARET-APRIL 2014

ABSTRAK
Finda Rahmadaniati. 2016. Analisis Wacana Feature di Media Online Kaltim Post Edisi Maret-April 2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman. Pembimping I Dr. Hj. Widyatmike G.M. dan Pembimbing II Drs. M. Rusydi Ahmad, M.Hum.
Kata Kunci : Analisis Wacana Kritis, Feature, Media Online.
Media online yang kini marak digunakan karena kemudahan akses menghadirkan berbagai produk jurnalistik seperti halnya media cetak. Salahsatunya feature. Feature merupakan wacana yang unik karena menghadirkanfakta menggunakan gaya penceritaan sastra. Keunikannya itulah yang menarikminat penulis untuk meneliti jenis feature dan maksud ditulisnya sebuah feature.
Penelitian ini berfokus pada feature di Kaltim Post online.Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan Analisis Wacana Kritismodel van Dijk. Tiap sub-struktur dianalisis dengan penjabaran yang teknikpengumpulan datanya menggunakan teknik pustaka dengan membaca, menyimak,dan mencatat hal penting yang diperlukan dalam penelitian. Kemudian dilanjutkandengan pengklasifikasian jenis feature dan menentukan maksud berdasarkan tahapanalisis sub-struktur.
Penelitian ini menghasilkan analisis jenis feature dan maksud ditulisnyasebuah feature. Jenis feature yang ditemukan yaitu: feature artikel, feature berita,feature minat insani, feature petunjuk praktis, dan feature biografi. Maksudditulisnya feature yang ada yaitu: untuk menghibur dengan menyentuh danmenggugah perasaan pembaca. Hasil tersebut didapat dari menganalisis strukturteks menggunakan Analisis Wacana Kritis model van Dijk.
Kesimpulan dari penelitian bahwa Media Online Kaltim Post edisi MaretApril2014 lebih banyak menggunakan feature artikel dengan jenis feature minatinsani dibanding dengan feature berita jenis feature minat insani maupun featureartikel jenis feature petunjuk praktis dan feature biografi. Sedangkan maksudditulisnya feature untuk menghibur pembaca dengan menggugah perasaan danmenyentuh wilayah kemanusiaan secara keseluruhan terdapat di setiap feature.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS WACANA FEATURE DI MEDIA ONLINE KALTIM POST EDISI MARET-APRIL 2014
Pengarang FINDA RAHMADANIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua