Detail Cantuman Kembali
ELYA SUSANTI - Personal Name

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS VII SISWA SMP NEGERI 9 SAMARINDA

ABSTRAK
Elya Susanti, perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada konsep Ekosistem kelas VII siswa SMP Negeri 9 Samarinda di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Akhmad M.Kes dan Bapak Drs. Helmy Hassan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada konsep Ekosistem kelas VII siswa SMP Negeri 9 Samarinda.
Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi bagi pengajar agar dapat menerapkan model pembelajaran di sela-sela penggunaan model pembelajarankonvensional dan direct instruction, untuk menciptakan suasana berbeda yang lebihvariatif sehingga menghilangkan kejenuhan siswa. Serta memberikan informasi bagipara pembaca dan peneliti selanjutnya.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rata-rata pretest dan ratarata posttest. Analisis data menggunakan uji-t dengan perhitungan data secaramanual. Dari data yang diperoleh didapatkan nilai rata-rata kelas yang menggunakanmodel pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) sebesar 81,sedangkan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model SQ4R (Survey, Question,Read, Reflect, Recite, Review) sebesar 71,9.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa t (3,23) = t (2,024) untuk taraf 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada konsep Ekosistem kelas VII siswa SMP Negeri 9 Samarinda.

Kata Kunci : Model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), hasil belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS VII SISWA SMP NEGERI 9 SAMARINDA
Pengarang ELYA SUSANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua