PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS VII SISWA SMP NEGERI 9 SAMARINDA
ABSTRAK
Elya Susanti, perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada konsep Ekosistem kelas VII siswa SMP Negeri 9 Samarinda di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Akhmad M.Kes dan Bapak Drs. Helmy Hassan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada konsep Ekosistem kelas VII siswa SMP Negeri 9 Samarinda.
Manfaat penelitian ini adalah memberikan informasi bagi pengajar agar dapat menerapkan model pembelajaran di sela-sela penggunaan model pembelajarankonvensional dan direct instruction, untuk menciptakan suasana berbeda yang lebihvariatif sehingga menghilangkan kejenuhan siswa. Serta memberikan informasi bagipara pembaca dan peneliti selanjutnya.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rata-rata pretest dan ratarata posttest. Analisis data menggunakan uji-t dengan perhitungan data secaramanual. Dari data yang diperoleh didapatkan nilai rata-rata kelas yang menggunakanmodel pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) sebesar 81,sedangkan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model SQ4R (Survey, Question,Read, Reflect, Recite, Review) sebesar 71,9.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa t (3,23) = t (2,024) untuk taraf 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada konsep Ekosistem kelas VII siswa SMP Negeri 9 Samarinda.
Kata Kunci : Model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), hasil belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS VII SISWA SMP NEGERI 9 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | ELYA SUSANTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY