Detail Cantuman Kembali
ANDI HARYANTI - Personal Name

PRARANCANGAN PABRIK PHENYL ETHYL ALCOHOL DARI BENZENEDAN ETHYLENE OXIDE PRARANCANGAN PABRIK PHENYL ETHYL ALCOHOL DARI BENZENEDAN ETHYLENE OXIDE PRARANCANGAN PABRIK PHENYL ETHYL ALCOHOL DARI BENZENEDAN ETHYLENE OXIDE DENGAN PROSESFRIEDEL-CRAFT KAPASITAS 6.000 TON/TAHUN DENGAN PROSESFRIEDEL-CRAFT KAPASITAS 6.000 TON/TAHUN DENGAN PROSESFRIEDEL-CRAFT KAPASITAS 6.000 TON/TAHUN

INTISARI
AndiHaryanti, Norsamsi 2016.
PraRancanganPabrikPhenyl Ethyl Alcohol dariBenzene danEthylene Oxide
dengan Proses Friedel-Craft Kapasitas 6.000 ton/tahun.
Phenyl Ethyl Alcohol (CO)merupakansalahsatuprodukkimiahasilproduksiantara(intermediate) yangsangatkomersialuntukbahanbakuindustripembuatanparfum yang cukuppotensial.
SelainituPhenyl Ethyl Alcohol dapatdigunakansebagaisabun, bahankosmetik, anti bakteri,bahanpengawetdan lain sebagainya.PabrikPhenyl Ethyl Alcohol kapasitas 6.000 ton per tahundirencanakanberoperasiselama 330hari per tahun. Proses pembuatanPhenyl Ethyl Alcohol dilakukandalamsebuahReaktor CSTR(Continues Stirrer Tank Reactor), dengansifatirreversible, eksotermispadasuhu 10Cdantekanan 1 atm, kondisioperasiisothermal non adiabatic.
Pabrik ini digolong kan pabrik resiko rendah karena kondisi operasi pada tekanan
atmosferis.Proses produksi Phenyl Ethl Alcohol terdiri dari tahap yaitu persiapan bahan baku dimana bahan baku Benzene disimpan pada fasecair (T =32C, P = 1 atm) dalamtangki, Ethylene Oxidedisimpanpadafasecairpada (T = 32C, P = 3 atm)dalamtangki. BersamaandenganitudiumpankankatalisAlumunium Chloride yang berfasepadatyang disimpandalam Silo (T = 32C, P = 1 atm),selanjutnya dialirkan menuju Reaktor.Sebelum dialirkan semua bahan didinginkan sampai suhu 10C.TahapankeduayaitureaksidimanabahanbakuakanbereaksididalamReaktor CSTR.
Tahapan ketiga yaitu pemisahan dimana asildari Reaktor diumpankan keMixer lalu hasil pelarutan diumpankan ke Decanter.Kemudian larutan inorganic sebagai hasil bawah Decanter dialirkanke Evaporator Sedangkan larutan organic sebagai hasil atas dialirkan kembali ke Reaktor sebagai recycle. DiEvaporator produkdiuapkandengan proses pemanasanmenggunakansaturated steam yang Dilewatkan dalam shell. Umpan Evaporator yang Tidak teruapkan akan dialirkan kebawah lalu masuk ke Centrifuge untuk memisahkan AlCl
darikandungan HO. Produkuap yang terdiridari PEA dan air akan didinginkan dengan Cooler dan diumpankan ke Menara Destilasi.
Tahap keempat yaitu pemurnian, dimana hasil atas Menara Destilasi yangBerupa uap dikondensasikan.Kondensat ditampung untuk refluks.Hasil bawah Menara Destilasi yangBerupa cairan dialirkan ke Reboiler untuk menguapkan sebagian cairan.Sebagian cairan yangTeruapkan dikembalikan ke Menara Destilasi.Sebagian lainnya dialirkan ketangki produk.Tahap kelima yaitu penanganan produk akhir dimana produk yang berupa Phenyl Ethyl AlcoholDengan konsentrasi 99%Kemudian dialirkan dengan pompa ke Tangki Penampungan sebelum siap di pasarkan.
Kebutuhan bahan baku Benzene sebanyak 498,8300 kg/jam, Ethylene Oxide sebanyak 274,3210kg/jam dan katalis Alumunium Chloridesebanyak 312,1490. Pabrik ini direncanakan akan didirikandi Palaran, Samarinda, Kalimantan Timurdenganluastanah3,6 ha danjumlahkaryawan 148orang.
Dari evaluasi ekonomi, pabrik Phenyl Ethyl Alcohol ini membutuhkan modal tetap sebesar Rp.511.558.092.495 dan modal kerja yang dibutuhkan yaitu sebesarRp. 248.546.414.392. ROISebelum dan sesudah pajak yaitu sebesar 39,69% dan 29,77%, POT sebelum dan sesudah pajak sebesar 2 tahundan 2,5 tahun, BEP sebesar 43,57%, SDP sebesar 27,93% dan IRR sebesar 9%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PRARANCANGAN PABRIK PHENYL ETHYL ALCOHOL DARI BENZENEDAN ETHYLENE OXIDE PRARANCANGAN PABRIK PHENYL ETHYL ALCOHOL DARI BENZENEDAN ETHYLENE OXIDE PRARANCANGAN PABRIK PHENYL ETHYL ALCOHOL DARI BENZENEDAN ETHYLENE OXIDE DENGAN PROSESFRIEDEL-CRAFT KAPASITAS 6.000 TON/TAHUN DENGAN PROSESFRIEDEL-CRAFT KAPASITAS 6.000 TON/TAHUN DENGAN PROSESFRIEDEL-CRAFT KAPASITAS 6.000 TON/TAHUN
Pengarang ANDI HARYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua