Detail Cantuman Kembali

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA KIMIA AKTIF DARI EKSTRAK BATANG BENALU YANG TUMBUH PADA TANAMAN JERUK (Dendropthoe pentandra (L.) Miq.

ABSTRAK
Isolasi dan identifikasi senyawa kimia aktif dari ekstrak batang benalu yang tumbuh pada tanaman jeruk (Dendropthoepentandra(L.)Miq.) telah dilakukan pada penelitian ini. Berdasarkan dari hasil uji skriningfitokimia terdapat senyawa metabolitsekunder yang terkandung di dalam batang benalu jeruk(Dendropthoepentandra(L.)Miq.).Uji toksisitasisolatfraksi IIIdengan metode BSLT menunjukkannilai LCsebesar48,036 ppm.Berdasarkan ujia ktivitas antioksidan yang dilakukan dengan metode peredamanradikal DPPH pada isolatfraksiIII didapat % hambatan sebesar 5,61%.Berdasarkan hasil analisis dengan spektrofotometri Fourier 50Transform Infra Red (FT-IR) danKromatografi Gas-Spektrofotometri Massa (KGSM)diduga senyawa toksik yang terdapat dalam ekstrak nheksan batang benalu jeruk adalah senyawa3-metil-8-hidroksi-2-benzopiran.
Kata Kunci: BenaluJeruk (Dendropthoepentandra(L.) Miq.), Fitokimia, BSLT,DPPH, FT-IR dan GC-MS.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA KIMIA AKTIF DARI EKSTRAK BATANG BENALU YANG TUMBUH PADA TANAMAN JERUK (Dendropthoe pentandra (L.) Miq.
Pengarang ARIF RAHMAN HAKIM ARIF RAHMAN HAKIM ARIF RAHMAN HAKIM - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua