Detail Cantuman Kembali
NURLINDA. M - Personal Name

PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ILIR TAHUN AJARAN 2013/2014

M, Nurlinda. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kecamatan Samarinda Ilir Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Sugeng, M.Pd dan (II) Dr. H.Usfandi Haryaka, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Samarinda ilir tahun ajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Dengan konsep diri (X1) dan kecerdasan visual-spasial (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Samarinda ilir pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel adalah teknik probability sampling dengan jenis proportional random sampling. Sehingga diperoleh sampel 318 siswa yang diambil dari 2 kelas di SMPN 9, 2 kelas di SMPN 17, 3 kelas di SMPN 21, dan 2 kelas di SMPN 37 Samarinda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data konsep diri, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data kecerdasan visual-spasial dan hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh hasil sebagai berikut. Nilai rata-rata data variabel konsep diri sebesar 116,46 tergolong kategori sedang dan nilai rata-rata data variabel kecerdasan visual-spasial sebesar 12,50 tergolong kategori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 37,53 tergolong sedang. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga , dengan Fhit = 281,839 dengan probabilitas 0,000. Hal ini berarti p < α artinya model regresi dugaan yang diperoleh berarti atau dapat dipakai untuk memprediksi hasil belajar. Koefisien determinasi sebesar 0,642 menunjukkan bahwa 64,2% model regresi dugaan dapat menjelaskan pengaruh konsep diri dan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis konsep diri diperoleh nilai probabilitas 0,000. Karena p < 0,05, artinya koefisien variabel X1 yang diperoleh adalah berarti atau terdapat pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis untuk kecerdasan visual-spasial diperoleh nilai probabilitas 0,000. Karena p < 0,05, artinya koefisien variabel X2 yang diperoleh adalah berarti atau terdapat pengaruh kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAMARINDA ILIR TAHUN AJARAN 2013/2014
Pengarang NURLINDA. M - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua