PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK Beranda depan

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subyek

Detail Cantuman
Image of ANALISIS RISIKO K3 PADA BONGKAR MUAT DI PELABUHAN DENGAN METODE HAZOP  (Hazard Analysis and Operability Study)  (STUDI KASUS: PT. PELINDO 4)

Text

ANALISIS RISIKO K3 PADA BONGKAR MUAT DI PELABUHAN DENGAN METODE HAZOP (Hazard Analysis and Operability Study) (STUDI KASUS: PT. PELINDO 4)

Image of ANALISIS RISIKO K3 PADA BONGKAR MUAT DI PELABUHAN DENGAN METODE HAZOP  (Hazard Analysis and Operability Study)  (STUDI KASUS: PT. PELINDO 4)

Text


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kelancaran proses produksi sehingga program K3 harus diterapkan di dalam setiap perusahaan. Salah satu penyebab kecelakaan yang mungkin terjadi yaitu masih saja mengabaikan persyaratan dan peraturan-peraturan dalam K3. Kurang kesadaran dan kepedulian terhadap K3 sehingga mengakibatkan adanya risiko kecelakaan yang terjadi pada proses bongkar muat seperti lecet pada tangan, terpeleset, terkena barang yang jatuh. Dalam hal ini manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) diwajibkan untuk diterapkan pada saat pelaksanaan proses bongkar muat karena ini juga merupakan bagian dari perencanaan dan pengendalian pada proses bongkar muat. Untuk menganalisis bahaya terhadap risiko K3 dalam penelitian ini menggunakan metode HAZOP (Hazard Analysis and Operabillty Study) dengan tujuan untuk mengidentifikasi, memberikan penilaian dan mengatasi faktor-faktor resiko K3 pada pelaksanaan proses bongkar muat.
Berdasarkan penilaian pada Risk Matriks, terdapat 3 (tiga) tingkatan level risiko yang berpotensi menimbulkan bahaya kerja. Tingkat risiko tersebut terdiri dari risiko tinggi, risiko sedang, risiko rendah. Dari penilitian ini tidak terdapat sumber hazard yang bernilai “ekstrim, 2 ( dua ) sumber hazard yang memiliki nilai “risiko tinggi” terdapat pada “menempatkan crane, dan pemuatan dan pembongkaran, 4 (empat) sumber hazard yang memiliki nilai “risiko sedang” terdapat pada “Menyiapkan peralatan bongkar muat, Memasang sling dan Hook ke Hook crane, Pekerja masuk kedalam tongkang, dan Mengarahkan truk pengangkut” dan 1 (satu) sumber hazard yang memiliki nilai “risiko rendah” terdapat pada “ Memasang sling dan Hook ke Hook cran ”.
Kata Kunci : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Hazard and Operability Study (HAZOP), Hazard, Risk Matrix.


Ketersediaan

1609035003SKRIPSI ELI A 2020Perpustakaan Fakultas Teknik (TEKNIK INDUSTRI)Tersedia

Informasi Detil

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab -
Pengarang ELI BASRUL INTAN PURWANTO - Personal Name
Edisi -
No. Panggil SKRIPSI ELI A 2020
Subyek Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3)
Klasifikasi NONE
Judul Seri -
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Teknik Industri
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Fakultas Teknik
Deskripsi Fisik xv, 74 hal,.illus: 29 cm
Info Detil Spesifik -

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Informasi
Advanced Search