Detail Cantuman Kembali
Mailinda Yuliastuti - Personal Name

Peran Istri Petani Dalam Kegiatan Usahatani Padi Sawah (Oryza Sativa L.) di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara

MAILINDA YULIASTUTI. Peran Istri Petani Dalam Kegiatan Usahatani Padi Sawah (Oryza sativa L .) di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2021. (dibawah bimbingan Dina Lesmana dan Firda Juita).
Peran istri petani dalam kegiatan usahatani perlu diketahui adanya jumlah tenaga kerja dan pengambil keputusan disetiap tahapan kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran istri petani, sebagai tenaga kerja dan pengambilan keputusan dalam kegiatan usahatani padi sawah, penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara. Telah dilakukan penelitian dari bulan Maret samapai dengan bulan Mei 2020.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara acak (Simple random sampling) dan menetapkan 47 responden. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pengukuran persentase keterlibatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran istri petani sebagai tenaga kerja termasuk dalam kategori “Tidak Berperan” dengan peresntase 12,18%. Sedangkan persentase tenaga kerja untuk “Suami dan Istri” berada pada kategori “Tidak Berperan” dengan jumlah persentase rata- rata 15,11%, dan untuk “Suami” berada pada ketegori “Berperan” dengan jumlah persentase rata-rata 72,00%. Sedangkan hasil penelitian peran istri dalm proses pengambilam keputusan dalam kegiatan usahatani padi sawah berada pada kategori “Tidak Berperan”, dengan persentase rata-rata 0,00%, yang lebih dominan dalam proses pengambilan keputusan yaitu “Suami” yang termasuk dalam kategori “Cukup Berperan” dengan jumlah persentase rata-rata 56,97% dan pengambilan keputusan “Suami dan Istri” ternasuk dalam kategori “Cukup Berperan” dengan jumlah persentasa rata-rat 43,03%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Istri Petani Dalam Kegiatan Usahatani Padi Sawah (Oryza Sativa L.) di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang Mailinda Yuliastuti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAI p 20121
Subyek Peran, Istri Petani, Usahatani, Padi Sawah.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua